Luar Biasa, 7 Benda Hebat Yang Ditemukan Perempuan


Tak hanya pria, dunia juga pernah mencatat sejumlah ilmuwan wanita yang lahir dan berkarya memberikan manfaat bagi sesama lewat penemuan mereka.

7 Benda Hebat Yang Ditemukan Perempuan
7 Benda Hebat Yang Ditemukan Perempuan | Nairaland Forum

Apa saja hasil temuan para wanita ini? Berikut beberapa Benda Hebat yang Berhasil Ditemukan oleh Perempuan :

1. Josephine Cochrane - Dishwasher
Penemu Wanita - Mesin Cuci Piring
Josephine Cochrane | wikr.com

Mesin ini diciptakan karena Josephine Cochrane kesal piring antik dari china yang dia miliki sering pecah saat dicuci oleh pembantunya alhasil munculah ide membuat mesin cuci otomatis. Pada tahun 1886 dia mendapat paten atas benda ciptaannya ini. Kemudian Josephine Cochrane menjual ide nya ini ke hotel-hotel dan restoran yang ada di daerahnya.


2. Grace Hopper - IBM-Harvard Mark 1
Penemu Wanita
Grace Hopper | pinterest

Admiral Dr. Grace Murray Hopper dikenal dengan nama “Mother of Computer”. Setelah Perang Dunia II, dia ditugaskan di Harvard dan ikut dalam pengembangan IBM – Harvard Mark 1, yaitu komputer skala besar pertama di US.

Dia juga menemukan compiler untuk mengubah tulisan menjadi code komputer dan menciptakan istilah BUG untuk problem pada komputer. Dia juga pernah mendapat berbagai penghargaan, termasuk National Medal of Technology pada 1991, ketika meninggal, Dr. Grace Hoppe punya 30 gelar kehormatan dari berbagai universitas.


3. Mary Anderson - Windshield Wiper
Penemu Wiper Mobil
Mary Anderson -  uspto.gov

Pada jaman dahulu saat mobil masih jarang, orang-orang harus berhenti dan mengelap kaca mobilnya dengan tangan setiap kali ada hujan. Bermula dari situ, Mary Anderson memiliki ide untuk membuat sebuah wiper yang terbuat dari pembersih kaca yang disambung ke handle ke dalam mobil, sehingga pengemudi bisa menghapus jejak air dari dalam mobil.

Pada awalnya orang-orang berpendapat bahwa hal ini akan jadi distraction atau pengacau konsentrasi pengemudi, tapi kenyataannya 10 tahun berikutnya, Mary Anderson mematenkan penemuannya dan setiap mobil yang dibuat sudah memiliki wiper, bahkan sampai ada yang mengembangkan versi otomatisnya.


4. Hedy Lamarr - Secret Communications System
Penemu sistem kemanan
Hedy Lamarr | patentyogi.com

Lahir di Austria dan menikahi seorang milyuner yang juga simpatisan Nazi dan pemasok senjata untuk Hitler saat Perang Dunia II, namun seiring berjalannya waktu, Hedy dan suaminya malah mulai membenci Nazi dan pindah ke London dan US. Hedy Lamarr mematenkan Sistem Komunikasi Rahasianya pada 1941, dia mengubah frekuensi radio dengan kode khusus sehingga pesan rahasia tidak bisa disadap musuh.

Awalnya penemuannya akan digunakan sebagai senjata untuk melawan Nazi itu sendiri, tapi kurang efektif dan Sistem komunikasi rahasia seperti ini mulai efektif setelah 20 tahun dari penemuannya.


5. Margaret Knight - Paper Bags
Penemu Paper Bags
Margaret Knight | Stuff Mom Never Told You

Kebanyakan orang di luar belanja menggunakan tas kertas yang dulu bentuknya cuma seperti amplop . Karena barang- barang yang agak besar jadi tetap susah untuk dibawa-bawa, maka Margaret Knight menciptakan mesin yang bisa membuat tas kertas dengan dasar yang rata sehingga bisa memuat banyak barang. Mesin yang ia ciptakan bisa dari memotong, melipat, sampai mengelem kertas sampai menjadi tas.

Sayangnya tahun 1871 saat ingin dipatenkan, ada orang lain yang mencuri idenya dan berusaha mempatenkannya juga. Pernyataannya saat di sidang adalah “bagaimana caranya seorang cewek bisa menciptakan mesin yang seperti ini ”. Namun Margaret Knight menang atas patennya karena dia punya kertas yang isinya tentang ide dan cara dia menemukan alat ini

Margaret ini sudah mulai “menemukan” sejak umur 12 tahun dia menemukan alat pada mesin industri yang gunanya untuk menghentikan mesin saat ada sesuatu yang nyasar ke mesin itu . Hebatnya lagi, sampai wafat dia sudah mempunyai 26 paten penemuan.


6. Stephanie Kwolek - Bullet Proof Vests
Penemu Wanita - Rompi Anti Peluru
Stephanie Kwolek | BridgeBizSTEM

Stephanie Kwolek bekerja selama bertahun tahun di DuPont dan sampai 1963 akhirnya menemukan pollimer pada fiber yang bisa disusun berbaris atau dikenal dengan Kevlar

Mantapnya lagi, kekuatan Kevlar ini sampai bisa menandingi kekuatan baja. Sampai sekarang Kevlar masih dipakai untuk rompi anti peluru dan dipakai dimana-mana termasuk untuk membuat kabel jembatan, helm, dsb.


7. Dr. Ellen Ochoa - Optical Analysis Systems

Penemu Wanita
Dr. Ellen Ochoa | pinterest

Seorang astronot perempuan Hispanic pertama yang juga sebagai ilmuan untuk NASA, dia mematenkan penemuannya pada 1987, yaitu sistem optic untuk kontrol kualitas pada mesin pabrik. Sistem ini digunakan pada mesin mesin otomatis yang digunakan untuk membuat barang. Dia memiliki 3 buah paten dan yang terakhir didapat tahun 1990. Selain seorang ilmuan, dia juga merupakan seorang veteran dalam 3 penerbangan ke luar angkasa.

Itulah 7 Benda Hebat Yang Ditemukan Perempuan. Semoga bermanfaat.
(http://gedeteguh.student.telkomuniversity.ac.id)


Previous Post Next Post