Bintang Tercepat di Galaksi Bima Sakti

Bintang Tercepat di Galaksi Bima Sakti | techno.okezone

Galaksi Bima Sakti memiliki miliaran bintang yang tersebar di seluruh penjuru. Di antara bintang-bintang yang ada, terdapat bintang yang bergerak dengan sangat cepat dibandingkan dengan bintang lainnya.

dikutip dari techno.okezone, Hypervelocity merupakan bintang yang berasal dari awan besar Magellanic. Studi ini sendiri ditemukan oleh Royal Astronomical Society. Bintang ini sendiri telah ditemukan ada sekira 20 bintang.

Sebelumnya diperkirakan bintang tersebut ‘diusir’ secara paksa dari orbit di sekitar lubang hitam supermassive yang ada di pusat Galaksi. “Penjelasan sebelumnya mengenai bintang Hypervelocity ini tidak membuat saya puas,” ungkap Douglas Boubert di University of Cambridge. “Bintang ini kebanyakan ditemukan di rasi bintang Leo dan Sextan, kami juga bertanya-tanya mengapa bisa seperti itu,” jelasnya.

Boubert saat ini menyarankan agar melakukan simulasi komputer lainnya. Ledakan dari awan besar Magellanic mungkin cukup besar untuk mengirimkan bintang keluar dari galaksi. Sebuah sistem biner sendiri adalah di mana dua bintang mengorbit satu sama lainnya. Jika mereka mengorbit dengan sangat cepat dan dekat satu sama lain, mereka akan meledak di supernova.

Sementara itu, bintang yang lainnya akan membuang banyak energi. “Bintang-bintang ini bukan hanya seperti melompat dari kereta express, namun tidak diketahui pula seberapa cepat mereka. Ini juga menjelaskan posisi mereka di langit karena yang tercepat sepanjang sejarah mengorbit pada awan Magellan dan menuju rasi bintang Leo dan Sextans,” tambahnya.
Previous Post Next Post