Menumbuhkan Kesadaran Bela Negara

Bagaimana Cara Menumbuhkan Kesadaran Bela Negara
Menumbuhkan Kesadaran Bela Negara | vracarsa.blogspot.co.id

Bagaimana Cara Menumbuhkan Kesadaran Bela Negara -  Latar Belakang Kemerdekaan NKRI tidak didapat begitu saja. Banyak dari berbagai kalangan masyarakat yang telah berjuang merebut kemerdekaan Indonesia. Berbagai peristiwa dan penderitaan telah dialami bangsa Indonesia sejak sebelum Indonesia merdeka sampai saat sekarang ini. Merupakan suatu kehormatan, hak, dan juga kewajiban bagi  bangsa Indonesia saat ini untuk mempertahankan dan membela hasil perjuangan dari  para pejuang bangsa yang telah kita rasakan.

Tapi dari realita yang kita amati saat ini, tidak banyak lagi generasi muda yang masih memegang dan memelihara kehormatan itu.

Kepribadian atau watak bangsa perlu dibentuk dan dikembangkan guna membangun dan menumbuhkan semangat dan kesadaran bela negara.

Kesadaran bela negara mengembangkan nilai kenegaraan, yang diperuntukan pada pembangunan Sistem Pertahanan Negara yang terurai menjadi Lima Nilai Dasar Bela Negara, yaitu :

  1. Cinta tanah air.
  2. Kesadaran berbangsa dan bernegara.
  3. Keyakinan Pancasila sebagai Falsafah dan Ideologi Negara.
  4. Rela berkorban untuk bangsa dan Negara.
  5. Memiliki kemampuan awal bela negara secara fisik maupun non fisik. 


Diakui atau tidak, disadari atau tidak, merosotnya rasa cinta tanah air atau patriotisme, akan merosot pula keikhlasan, kerelaan dan kesadarannya dalam membela bangsa dan Negara.  Oleh sebab itu setiap komponen bangsa, harus waspada, cermat dan hati-hati, untuk tidak membiarkan kemerosotan itu, terus terjadi.

Waspada, cermat dan hati-hati, karena setiap komponen bangsa khususnya kaum muda menjadi sasaran utama dari segala bentuk penetrasi, baik yang bersifat ekonomi maupun sosial budaya, yang hanya memberi kepuasan sesaat, namun dalam jangka panjang, amat merugikan baik pada diri sendiri maupun bangsa dan Negara.

Bela negara sesungguhnya adalah suatu sikap mental warga negara sebagai wujud rasa cinta kepada bangsa dan tanah air. Bela negara itu sendiri dapat berupa fisik maupun non-fisik. Bela negara secara fisik adalah pembelaan terhadap setiap hambatan, gangguan, halangan dan tantangan yang dilakukan warga negara untuk melindungi bangsa dan negaranya.

Secara non-fisik, bela negara adalah suatu bentuk  pembelaan berdasarkan hak-hak, kewajiban dan kehormatan serta profesi dan kemampuan masing-masing warga negara untuk meningkatkan ketahanan nasional dan mampu menghadapi ancaman yang berupa ideologi, politik, ekonomi dan sosial  budaya. Bela negara secara non-fisik dapat berupa melestarikan budaya Indonesia seperti tarian tradisional dan bahasa daerah.


Previous Post Next Post