Lokasi Tembok Berlin, Dulu dan Sekerang

Diruntuhkannya tembok Berlin pada 9 November 1989 memiliki makna yang besar bukan saja bagi warga Jerman, tapi juga bagi Eropa.

© Gerard Malie/AFP/Getty Images            

Tembok Berlin yang merupakan simbol nyata Perang Dingin yang memecah-belah kota dan benua akhirnya diruntuhkan yang sekaligus menandai persatuan kembali Jerman Barat dan Jerman Timur.

Untuk memperingati hari runtuhnya Tembok Berlin pada 9 November 1989, mari kita lihat transformasi lokasi-lokasi yang menjadi bagian Tembok bersejarah di ibu kota Jerman tersebut.


Massa berkumpul di Bernauer Strasse, salah satu lokasi saat Tembok dirobohkan pada 11 November 1989, dan (di bawah) orang-orang yang melintasi Bernauer dan Oderberger Strasse pada 2014.
© Rudi Blaha/Markus Schreiber/AP Photos

Tembok Berlin dengan tulisan bertuliskan "Tembok itu harus jatuh," pada bulan Maret 1973, dan (di bawah) telah berubah menjadi Monumen Peringatan Dinding di tempat yang sama pada 2014.
© Markus Schreiber/AP Photo

Kerabat dari Berlin Timur dan Barat saling melambai satu tahun setelah Tembok Berlin diciptakan pada tahun 1962, dan (kanan) persimpangan yang sama pada 2014.
© Werner Kreusch/Markus Schreiber/AP Photo

Polisi Jerman Timur melepaskan kawat berduri saat penjaga lainnya menaikkan ketinggian Tembok menjadi 15 kaki (4,5 meter) pada 1961, dan (di bawah) lokasi yang sama pada 2014 dengan garis putih di Bernauer Strasse yang menunjukkan di mana Tembok pernah berdiri
© Markus Schreiber/AP Photo

Anak-anak bermain di Sebastianstrasse pada 1968, dan (kanan) seorang pria berjalan di area tersebut pada 2014.
 © Markus Schreiber/AP Photo

Prajurit mengintip dari tembok yang baru dibangun pada 1961, di luar pintu masuk ke stasiun bawah tanah Potsdamer Platz, dan (di bawah) pintu masuk pada 2014.
© Central Press/Getty Images; Central Press/Hulton Archive via Getty Images  

Pemandangan Berlin Timur di Bernauer Strasse, Berlin Barat, pada 1980, dan (di bawah) trem melintasi wilayah tersebut pada tahun 2014
 © Elke Bruhn Hoffman/Markus Schreiber/AP Photo

Seorang wanita Berlin Timur melihat ke seberang Tembok yang baru dibangun, sekitar 1961, dan (di bawah) seorang wanita melihat ke luar dari jendela hostel di Bernauer Strasse pada 2014© Imagno/Getty Images; Sean Gallup/Getty Image

Seorang wanita melihat Tembok di sepanjang sungai Spree pada 1980, dan (di bawah) sebuah jembatan yang melintasi sungai, di mana Tembok pernah berdiri, pada 2014.
© Elke Bruhn Hoffman/Markus Schreiber/AP Photo

Presiden A.S. Richard Nixon melihat ke Jerman Timur pada Februari 1969, dan (di bawah) bekas Tembok Berlin Checkpoint Heinrich-Heine-Strasse pada 2014.© Markus Schreiber/AP Photo            

Presiden A.S. John F. Kennedy mengunjungi Checkpoint Charlie pada Juni 1963, dan (di bawah) wilayah tersebut pada 2014
© Markus Schreiber/AP Photo

Pos pemeriksaan Berlin Wall di Heinrich-Heine-Strasse pada Maret 1971, dan (di bawah) pengendara sepeda melintasi distrik Kreuzberg pada 2014.
© Edwin Reichert/Markus Schreiber/AP Photos

Tank Soviet dan A.S. berhadapan di Checkpoint Charlie pada Oktober 1961, dan (di bawah) lalu lintas melintasi persimpangan Friedrichstrasse dan Zimmerstrasse pada 2014.
© Keystone-France/Gamma-Keystone via Getty Images; Sean Gallup/Getty Images

Seorang anak di sebuah taman bermain di dekat Tembok pada Juli 1981, dan (di bawah) mobil diparkir di tempat yang sama pada Oktober 2014.
© Markus Schreiber/AP Photo

Potsdamer Platz yang kosong pada bulan Agustus 1962, dan (di bawah) lalu lintas di wilayah yang sama pada 2014.© Reichtert/Markus Schreiber/AP Photos

Jerman Timur mendirikan Wall di depan Reichstag pada November 1961, dan (di bawah) orang-orang melintasi tempat yang sama pada 2014.
© Markus Schreiber/AP Photo            

Pekerjaan konstruksi berlangsung di Wall pada Agustus 1985, dan (di bawah) Friedrichstrasse pada  2014.© Markus Schreiber/AP Photo            

Tembok di sekitar Gerbang Brandenburg pada November 1961, dan (di bawah) lalu lintas di wilayah yang sama pada 2014.
© Markus Schreiber/AP Photo            

Orang berdansa di dinding dekat Gerbang Brandenburg pada November 1989, dan (di bawah) tempat yang sama pada Oktober 2014.
© Thomas Kienzle/Markus Schreiber/AP Photo


msn/photos
Previous Post Next Post