Apa Itu Hoax (Berita Hoax)



Apa Itu Hoax? Hoax adalah artinya tipuan, menipu. berita bohong ,berita palsu atau kabar burung. 

Belakangan ini Indonesia , berita Hoax sedang ramai diperbincangkan karena dampaknya yang begitu besar . Lalu apa itu Hoax?

Hoax dalam bahasa Inggris artinya tipuan, menipu. berita bohong ,berita palsu atau kabar burung. Dapat dikatakan Hoax adalah  kata yang berarti ketidak benaran suatu informasi. Hoax bukan singkatan tetapi satu kata dalam bahasa inggris yang punya arti sendiri. Sedangkan definisi Hoax menurut wikipedia adalah : "Sebuah pemberitaan palsu adalah usaha untuk  menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut palsu. ."

Hoax adalah sebuah kebohongan atau informasi sesat yang sengaja disamarkan agar terlihat benar . Sedangkan Berita Hoax adalah sebuah publikasi yang terlihat seperti berita faktual , namun ternyata berisi kebohongan dan fitnah .

Biasanya Berita Hoax sengaja dibuat untuk menyebarkan propaganda atau pesan kebencian atas seseorang atau instansi tertentu . Masyarakat di Indonesia anehnya sangat mudah tertipu oleh berita hoax seperti ini . Memang sudah dari dulu masyarakat Indonesia sangat mudah terpengaruhi bahkan terprovokasi oleh kabar yang belum diketahui kebenarannya .
Previous Post Next Post